728x90 AdSpace

iframe frameborder="0" src="http://sebar.idblognetwork.com/psg_ppa.php?id_blog=16756&sz=728x90" width="738px" height="100px" marginwidth=0 marginheight=0 >
Latest News

Sebab Umat Beragama Dijamin Masuk Neraka


Suatu kali pada jam istirahat, sehabis menggoda manusia, sebagai setan,
saya menemui Tuhan.

“Selamat siang Tuhan. Salam Kompasiana.”
“Maaf, saya bukan seorang Kompasianer.”
“Oh maaf Tuhan.”
“Langsung saja pada pokok persoalan.”

“Hmm … begini Tuhan. Saya jadi ragu.”
“Kenapa?”
“Memangnya ukuran manusia yang akan Engkau masukan ke sorga itu apa Tuhan?”
“Ya seperti kamu “
“Ah Tuhan bisa aja. Saya serius Tuhan.”

“Apa yang membuat kamu ragu?”
“Saya lihat kok manusia yang beragama banyak yang kasar, sok suci, munafik dan .. tidak toleran ya Tuhan?”
“Oh itu masalahnya. Itulah manusia yang pertama saya tendang masuk neraka.”
“Ya berdoa menangis-nangis bagaimana Tuhan?”
“Oh itu juga. Masak tidak bisa menerima kenyataan yang saya berikan.”
“Yang minta-minta sumbangan di jalan dan mengajukan proposal kemana-mana dengan alasan pembangunan rumah ibadah Tuhan?”
“Itu yang lebih parah. Menjual nama saya demi keuntungan dunia. Bohong itu.”

“Yang tidak beragama tapi berkepribadian baik bagaimana Tuhan?”
“Itu yang penting.”
“Jadi untuk apa agama Tuhan?”
“Itu kan buatan manusia.”
“Yang buatan Tuhan?”
“Hati mereka. Nurani mereka. Itu kuncinya.”
“Jadi agama itu salah Tuhan?”

“Bukan salah. Apa saja boleh asal hati manusia itu baik. Mau Bergama atau tidak sama saja. Yang penting hatinya.”
“Maksudnya Tuhan?”
“Yang beragama ada juga yang berhati baik. Yang tidak beragama juga ada yang berhati baik. Begitu juga sebaliknya. Intinya pada kebaikannya. Bukan pada beragama atau tidaknya”

“Kalau saya Tuhan?”
“Ah masak kamu belum mengerti?”




Erianto Anas

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sebab Umat Beragama Dijamin Masuk Neraka Rating: 5 Reviewed By: Erianto Anas