728x90 AdSpace

iframe frameborder="0" src="http://sebar.idblognetwork.com/psg_ppa.php?id_blog=16756&sz=728x90" width="738px" height="100px" marginwidth=0 marginheight=0 >
Latest News

Trik Menahan Diri Makan Junk Food Saat Hamil

AGOESSETYADI--Jakarta - Junk food bisa jadi godaan paling sulit untuk wanita hamil. Di satu sisi Anda ingin memakannya, namun di sisi lain Anda juga berusaha menahan diri. Jika Anda memang sudah tidak tahan untuk makan makanan manis dan berlemak, sebenarnya boleh saja makan makanan tersebut asal tidak terlalu sering. Namun saat memakannya, Anda harus ingat kalau semua makanan tersebut belum tentu memang dibutuhkan oleh janin.

Demi bayi yang Anda di kandungan, sebisa mungkin Anda berusaha menahan diri untuk tidak makan junk food. Kalau memang Anda selalu keinginan makan makanan tersebut sering datang, berikut enam cara sehat untuk menahan diri makan junk food sehingga Anda tak merasa bersalah, seperti dikutip baby center:

1. Setiap hari, Anda wajib sarapan. Ketika sarapan, makanlah makanan yang sehat dan bernutrisi. Jika Anda memulai hari dengan langkah itu, godaan untuk ngemil makanan yang tidak sehat bisa berkurang. Menu sarapan yang bisa dicoba, jus buah dan roti gandum.

2. Rutinlah berolahraga. Dengan lebih banyak beraktivitas Anda jadi bisa menahan diri untuk ngemil. Selama kehamilan Anda tidak memiliki masalah dan memang diizinkan dokter, olahraga jadi pilihan aktivitas terbaik. Selain menahan Anda untuk tidak ngemil, olahraga juga bisa membuat tubuh tetap fit.

3. Siapkan camilan sehat. Saat godaan ngemil datang, sebaiknya Anda sudah menyiapkan berbagai camilan sehat yang siap dimakan kapanpun Anda mau. Usahakan Anda tidak menyimpan makanan yang bisa membuat Anda tergoda melupakan camilan sehat itu.

4. Carilah dukungan. Kehamilan membuat hormon wanita naik-turun sehingga mood Anda pun mudah berubah. Perubahaan mood ini bisa membuat Anda malah melampiaskan diri dengan makan, padahal yang sebenarnya Anda butuhkan adalah teman bicara. Jadi carilah seseorang yang memang bisa Anda jadikan teman bicara di saat mood jelek itu datang.

5. Latih pikiran. Cobalah mulai sekarang latih pikiran Anda untuk memilih sesuatu yang kecil. Misalnya saja ketimbang satu mangkuk es krim, Anda bisa memakan satu scoop saja atau daripada satu baris cokelat, cobalah satu potong saja.

6. Ganti junk food dengan makanan yang lebih sehat. Misalnya jika Anda ingin ngemil es krim, Anda bisa menggantinya dengan yoghurt atau es krim non-fat atau bisa juga sorbet. Kalau Anda ingin makan keripik kentang, ganti dengan kentang rebus atau tortilla chips atau bisa juga popcorn tanpa rasa.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Trik Menahan Diri Makan Junk Food Saat Hamil Rating: 5 Reviewed By: Agus setyadi